Sejarah Garuda Indonesia.

            Pada tahun 1947 maskapai Belanda klm mengambil ali klimn menjadi klmib, pesawat yang di beli adalah dogeles DC3 dakota yang di beri nama selawah dari penerbangan pertama Garuda adalah dari kolokata India-yangon Miamar nomor pesawat ri 001 nama Indonesia airways, (Ini menjadi penerbangan pertama Garuda Indonesia).                Pada tahun 1949 di konferensi meja bundar klmib dinasionalisasikam oleh pemerintah Indonesia dan menjadi Garuda Indonesia airways dan  menambah 3 pesawat dogles DC3 Dakota dan membawa presiden Soekarno dari Jakarta ke Yogyakarta, memiliki pesawat DC 3 ada22 Catalina ship plaing dan conver CV 240 ada8 melakukan penerbangan pertama ke haji di Kedah dan membawa 40 jemaha haji Indonesia mengunakan pesawat conver.              Di era 60 Garuda melakuka ekspansi dan mendatangkan pesawat Lockheed l118 lektra dan pesawat  jet pertamanya conver cv990 cornado untuk rute ke Hong-kong.              Di tahun kemudian Garuda Menganti logo dan livery pesawat dan mendatangkan dogles DC8 dan foker f28 ada 63 pesawat Fokker yang didatangkan dari Garuda menjadi maskapai berekor dengan pesawat terbayak Fokker f28 di dunia.             Kemudian mendatangkan pesawat dogles DC 9 dan membuka rute ke Amsterdam Belanda dan freklut Jerman melalui Kolombo bombe dan perha selainitu ke Roma dan Paris melalui bombe dan Kairo Mesir dan membuka rute ke China dan Kamboja.               Terus mendatangkan pesawat dogles DC 10 yang menjadi pesawat andalan Garuda Indonesia hingga dipensiunkan tahun 2002 dan pesawat Boeing 747-200 untuk pengembangan jarak jauh.
                  Garuda Indonesia mengambil ahli Maskapai penerbangan merpati air tetapi masih menggunakan nama merpati air dan mendatangkan pesawat Airbus A3000b4
Yang diawaki oleh 2pilot dar sebumnya 3, dibawah altin Yohanes menkal Garuda menganti livery pesawat nya logo yang menjadi ciri khas Garuda Indonesia dan mendatangkan pesawat mecenel dogles MD 11  dan membuka rute ke los angeles melalui horolu Hawai dan mendatangkan pesawat Boeing 7747-400 untuk pengembangan haji ke jedah ada 2 kecelakaan terjadi di Jepang 96 dan Medan tahun 97 Dan kerisish melanda Asia tahun 97 yang membuat Boeing 777 dan 737-800. Tahun 2001 anak perusahaan Citilink maskapai penerbangan biaya murah dan dimik saham
Sebayak 97 persen dimiliki oleh pemerintah Indonesia PT trans airways membeli saham 10persen. Seleseai

Komentar

Postingan Populer